PENYULUHAN PENINGKATAN PELAYANAN
ADMINISTRASI PEMERINTAHAN DESA
LAPORAN INDIVIDU
MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA (KKN)
UNIVERSITAS BENGKULU PERIODE KE- 67
TAHUN 2012
DESA : MARGA JAYA
KECAMATAN : PADANG JAYA
KOTA : BENGKULU
NAMA : FATRIA UTAMI
NPM : D1D009008
FAKULTAS : ISIP
PRODI : ADMINISTRASI NEGARA
PUSAT PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN
KULIAH KERJA NYATA (P3KKN)
LEMBAGA PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
UNIVERSITAS BENGKULU
2012
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN
INDIVIDU
LAPORAN INDIVIDU KULIAH KERJA NYATA
UNIVERSITAS BENGKULU
PERIODE KE – 67
Tanggal 01 Juli s/d 31 Agustus 2012
di
DESA : MARGA JAYA
KECAMATAN : PADANG JAYA
KOTA : BENGKULU
OLEH :
FATRIA UTAMI
NPM.D1D009008
Disetujui dan Disahkan Oleh :
Dosen
Pembimbing Lapangan
Dr.
Puji Harsono, M.P
NIP.
|
Kepala
Desa Marga Jaya
Sisno
|
KATA
PENGANTAR
Alhamdulillah,
puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan
rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan individu
pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bengkulu Periode ke-
67 Tahun 2012 yang dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli sampai dengan 31Agustus 2012
di Desa Marga Jaya Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara dapat
diselesaikan tepat pada waktunya.
Laporan
ini ditulis sebagai pertanggungjawaban terhadap kegiatanKKN
yang dilaksanakan di DesaMarga Jaya.Laporan individu ini disusun berdasarkan
hasil pendekatan sosial, observasi, dan susunan program kerja yang telah
direncanakan, serta didukung dan disetujui oleh aparat desa beserta masyarakat.Keberhasilan pelaksanaan KKN dan penulisan laporan ini
mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu pada
kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1.
Bapak Prof. Zainal Mukhtamar selaku
Rektor Universitas Bengkulu
2.
Ketua
dan Tim
pelaksana Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNIB Periode ke- 67
3.
BapakDr.
Puji Harsono, M.P selaku Dosen Pembimbing Lapangan
4.
Bapak, S.Sos selaku Camat Kecamatan Padang
Jaya
5.
Bapak Sisno selaku Kepala DesaMarga Jaya
beserta perangkatnya
6.
Keluarga Bapak Imam Masjid Al-HudaDesaMarga
Jaya yang selalu memberikan partisipasinya baik secara moril maupun secara
spiritual.
7.
Seluruh warga DesaMarga Jaya
8.
Karang Taruna (pemuda-pemudi)DesaMarga
Jaya
9.
Rekan-rekan KKN seperjuangan yang telah
bekerja sama dalam pelaksanaan kegiatan program kerja di DesaMarga Jaya
10.
Semua pihak yang telah membantu terselenggaranya
kegiatan KKN UNIB Periode 67 yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
“Tak
ada gading yang tak retak”, merupakan ungkapan yang tepat untuk disampaikan
kepada pembaca. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan laporan ini masih jauh
dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang sifatnya
membangun sangat penulis harapkan demi perbaikan dan
penyempurnaan penulis dimasa yang akan datang. Akhirnya semoga laporan ini
dapat bermanfaat bagi kita semua.Amin.
Bengkulu,
Agustus 2012
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL............................................................................................................ i
HALAMAN
PENGESAHAN.............................................................................................. ii
KATA PENGANTAR.......................................................................................................... iii
DAFTAR ISI......................................................................................................................... iv
DAFTAR
LAMPIRAN........................................................................................................ vii
DAFTAR
TABEL................................................................................................................. viii
DAFTAR
GAMBAR............................................................................................................ ix
PERTEMUAN I:
A. Topik
Kegiatan: Struktur Pemerintahan Desa................................................................... 1
B.
Justifikasi:
1. Latar
Belakang..................................................................................................... 1
2. Masalah................................................................................................................ 2
3. Tujuan.................................................................................................................. 2
C. Pembahasan...................................................................................................................... 2
D. Kesimpulan dan Saran...................................................................................................... 3
E. Lampiran.......................................................................................................................... 3
1. Daftar Hadir......................................................................................................... 3
2. Notulensi Diskusi................................................................................................. 3
3. Foto...................................................................................................................... 3
4. Surat keterangan................................................................................................... 3
PERTEMUAN
2:
A. Topik
Kegiatan: Tupoksi Perangkat Desa........................................................................ 4
B.
Justifikasi:
1. Latar
Belakang..................................................................................................... 4
2. Masalah................................................................................................................ 4
3. Tujuan.................................................................................................................. 5
C. Pembahasan...................................................................................................................... 5
D. Kesimpulan dan Saran...................................................................................................... 6
E. Lampiran
1. Daftar Hadir......................................................................................................... 6
2. Notulensi Diskusi................................................................................................. 6
3. Foto...................................................................................................................... 6
4. Surat keterangan................................................................................................... 6
PERTEMUAN
3:
A. Topik
Kegiatan: Monografi Desa.................................................................................... 7
B.
Justifikasi:
1. Latar Belakang.................................................................................................... 7
2. Masalah............................................................................................................... 7
3. Tujuan................................................................................................................. 7
C. Pembahasan.................................................................................................................... 7
D. Kesimpulan dan Saran.................................................................................................... 9
E.
Lampiran
1. Daftar
Hadir........................................................................................................ 9
2. Notulensi
Diskusi................................................................................................. 9
3. Foto...................................................................................................................... 9
4. Surat
keterangan.................................................................................................. 9
PERTEMUAN
4:
A. Topik
Kegiatan: Peta Desa.............................................................................................. 10
B.
Justifikasi:
1. Latar
Belakang..................................................................................................... 10
2. Masalah................................................................................................................ 11
3. Tujuan.................................................................................................................. 11
C.
Pembahasan.................................................................................................................... 11
D. Kesimpulan dan Saran................................................................................................... 13
E.
Lampiran
1. Daftar
Hadir........................................................................................................ 13
2. Notulensi
Diskusi................................................................................................. 13
3. Foto...................................................................................................................... 13
4. Surat
keterangan.................................................................................................. 13
PERTEMUAN
5:
A. Topik
Kegiatan: Musrenbangdes..................................................................................... 14
B.
Justifikasi:
1. Latar
Belakang..................................................................................................... 15
2. Masalah................................................................................................................ 15
3. Tujuan.................................................................................................................. 15
C. Pembahasan..................................................................................................................... 15
D. Kesimpulan dan Saran.................................................................................................... 17
E.
Lampiran
1. Daftar
Hadir........................................................................................................ 17
2. Notulensi
Diskusi................................................................................................. 17
3. Foto...................................................................................................................... 17
4. Surat
keterangan.................................................................................................. 17
PERTEMUAN
6:
A. Topik
Kegiatan: Program Kerja Perangkat Kerja............................................................ 18
B.
Justifikasi:
1. Latar Belakang.................................................................................................... 18
2. Masalah................................................................................................................ 19
3. Tujuan.................................................................................................................. 20
C. Pembahasan.................................................................................................................... 20
D. Kesimpulan
dan Saran..................................................................................................... 24
E.
Lampiran
1. Daftar Hadir....................................................................................................... 24
2. Notulensi Diskusi................................................................................................ 24
3. Foto...................................................................................................................... 24
4. Surat keterangan................................................................................................. 24
DAFTAR
PUSTAKA........................................................................................................... 25
LAMPIRAN.......................................................................................................................... 26
DAFTAR LAMPIRAN
Surat Keterangan Telah
Melaksanakan Kegiatan KKN
Penetapan Masalah
Program Kerja KKN UNIB Periode ke- 67 Tahun 2012
Rencana Kegiatan
Pelaksanaan Program kerja KKN UNIB Periode ke- 67 tahun 2012
Peta wilayah DesaMarga
Jaya
Kalender Kerja KKN UNIB
Periode ke- 67 Tahun 2012 DesaMarga Jaya
Teknologi yang
diterapkan
DAFTAR TABEL
Daftar
Hadir dan Kalender Kegiatan 1
Daftar
Hadir dan Kalender Kega iatan 2
Daftar
Hadir dan Kalender Kegiatan 3
Daftar
Hadir dan Kalender Kegiatan 4
Daftar
Hadir dan Kalender Kegiatan 5
Daftar
Hadir dan Kalender Kegiatan 6
DAFTAR GAMBAR
1.
Photo Kegiatan 1 :
2.
Photo Kegiatan 2 :
3.
Photo Kegiatan 3 :
4.
Photo Kegiatan 4 :
5.
Photo Kegiatan 5 :
6.
Photo Kegiatan 6 :
PERTEMUAN I
Struktur Pemerintahan Desa
A. Topik Diskusi
Pada pertemuan ke- 1 ini dilakukan penyuluhan dan diskusi
tentangStruktur Pemerintahan Desa yg baik dan benar.
B.
Justifikasi
Kegiatan
- Latar Belakang
DesaMarga
Jayamerupakan salah satu Desayang terletakdi Kecamatan Padang Jaya
Yang
mempunyai para perangkat-perangkat desa yang mengatur kesejahteraan masyarakat
desa.
- Masalah
Masalah
yang ada dalam masyarakat yakni belum sempurnanya penetapan tugas dan
wewenangan para perangkat desa ini.
- Tujuan
Tujuan
dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para
perangkat desa akan pentingnya struktur pemerintahan desa yang terarah ke visi
dan misi Desa ini
C.
Pembahasan
Pengertian dari
Pemerintahan Desa ialah merupakan simbol formal dari pada kesatuan masyarakat
desa. Pemerintahan desa diselenggarajan dibawah pimpinanan Kepala Desa beserta
para pembantunya (perangkat desa), mewakili masyarakat desa guna hubungan ke
luar atau pun k dalam masyarakat yang bersangkutan. Pemerintahan desa bertugas
untuk menbina kehidupan masyarakat desa, membina perekonomian desa, memelihara
ketentraman dan ketertiban masyarakat desa, mendamaikan perselisihan masyarakat
di desa, mengajukan rancangan peraturan desa dan menetapkan sebagai peraturan
desa bersama dengan BPD.
Contoh struktur
pemerintahan desa :
a.
Kepala desa
b. Badan Permusyawaratan Desa (BPD)
c. Sekretaris desa
d. Kepala urusan pemerintahan
e. Kepala urusan pembangunan
b. Badan Permusyawaratan Desa (BPD)
c. Sekretaris desa
d. Kepala urusan pemerintahan
e. Kepala urusan pembangunan
f.
Kepala urusan kesejahteraan rakyat
g. Kepala urusan keuangan
h. Kepala urusan umum
g. Kepala urusan keuangan
h. Kepala urusan umum
Untuk lebih jelasnya lagi perhatikan contoh bagan struktur
organisasi pemerintahan desa di bawah ini!
D. Kesimpulan Dan Saran
1. Kesimpulan
Pentingnya
Stuktur desa yang baik untuk mencapai kesejahteraan masyarakat desa yang
bersangkutan.sistem administrasi masyarakat di tingkat desa di Indonesia sudah
memiliki tata struktur yang baik dari mulai adanya kepala desa sampai staf-staf
pembantu kepala desa. Hampir di seluruh desa dalam wilayah Indonesia menerapkan
sistem pemerintahan desa yang sama antara wilayah yang satu dengan wilayah yang
lain, dan antara desa yang satu dengan desa yang lain, sehingga tatanan
pemerintahan di tingkat desa bisa berjalan dengan baik dan tersistem.
2. Saran
Diharapkan setelah penyuluhan ini para perangkat desa dapat membuat
struktur pemerintahan desa yang baik dan benar.
PERTEMUAN II
PERTEMUAN II
Tupoksi
Perangkat Desa
A.
Topik
Diskusi
Pada pertemuan ke- II ini dilakukan penyuluhan dan
diskusi tentang tugas dan pokok fungsi para perangkat desa.
B. Justifikasi Kegiatan
1.
Latar Belakang
Tugas
dan pokok fungsi perangkat desa merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah
karena hal tersebut akan mempengaruhi perkembangan desa yang bersangkutan.
2.Masalah
Masalah
yang ada adalah kurangnya pengetahuan para perangkat desa akan tugas dan fungsi
jabatan mereka.
3.Tujuan
Tujuan
dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para
perangkat desa akan tugas dan pokok fungsi jabatan yang mereka jabat agar dapat
bekerja dengan baik untuk mencapai tujuan desa ini.
C.
Pembahasan.
A. Tugas dan Pokok Fungsi Kepala Desa
v Kepala Desa mempunyai tugas-tugas
antara lain :
a.
Memimpin penyelenggaraan Pemerintah
Desa
b.
Memimpin penyelenggaraan Pembangunan
Desa
c.
Membina Kehidupan masyarakat Desa
d.
Membina Perekonomian Desa
e.
Mendamaikan perselisihan masyarakat
Desa
f.
Mewakili Desa di dalam dan di luar
pengadilan dan dapat menunjuk kuasa hukum
g.
Mengajukan rancangan peraturan Desa
dan bersama BPD menetapkan Peraturan Desa
h.
Menjaga kelestarian adat istiadat
yang hidup dan berkembang di Desa
B. Tugas dan Pokok Fungsi Sekretaris
Desa
v Sekretaris Desa mempunyai
tugas-tugas anata lain :
a.
Membantu Kepala Desa di bidang
pembinaan administrasi dan memberikan pelayanan teknis administrasi kepada
seluruh perangkat Pemerintahan desa dan kepada Masyarakat.
b.
Mewakili Kepala Desa dalam hal
Kepala Desa berhalangan tetap.
c.
Melaksanakan tugas-tugas lain yang
diberikan oleh Kepala Desa.
C. Tugas dan Pokok Fungsi Kepala Urusan Pemerintahan
v Kepala Urusan Pemerintahan mempunyai
tugas antara lain :
a.
Pelayanan pembuatan Kartu Tanda
Penduduk dan Kartu Keluarga
b.
Pelayanan pembuatan Surat Keterangan
Kelahiran, Kematian dan Akta Kelahiran.
c. Pencatatan perubahan kepemilikan
tanah akibat dari jual beli, hibah pemindahan hak atas tanah, wakaf, sesuai
dengan ketentuan tertentu
d. dan peraturan yang berlaku.
e. Tugas-tugas lain yang diberikan oleh
atasan
D. Tugas dan Pokok Fungsi Kepala Urusan Ekonomi dan Pembangunan
v Kepala Urusan Ekonomi dan
Pembangunan mempunyai tugas-tugas antara lain:
a.
Mencatat urusan perekonomian,
pelayanan kepada yang memerlukan SITU/SIUP/IMB.
b.
Mencatat pelaksanaan pembangunan
yang dilaksanakan oleh swadaya masyarakat atau program pembangunan yang ada di
Desa.
c.
Mengembangkan perekonomian desa .
d.
Tugas- tugas lain diberikan atasan
E. Tugas dan Pokok Fungsi Kepala Urusan
umum
v Kepala Urusan umum mempunyai tugas
dan fungsi:
a.
Mencatat semua surat Keputusan
Pengangkatan Perangkat Desa . Punduh /
Kepala Dusun .
b.
Mencatat keuangan desa yang
termasuk dalam APBD Desa
c.
Mencatat seluruh kekayaan Desa,
inventaris Desa, urusan rumah tangga Desa, kearsipan dan pelaporan.
d.
Administrasi tugas pembuatan berupa
pungutan PBB dan penyetorannya.
F. Tugas dan Fungsi Bendaharawan
v Bendaharawan mempunyai tugas dan
fungsi :
Mencatat keuangan penerimaan dan pengeluaran
keuangan sesuai dengan
Anggaran
penerimaan dan Belanja Desa, dan mencatat serta melaporkan kepada Kepala desa
bantuan-bantuan dari Pemerintah Kabupaten, Propinsi dan Pusat dengan
menggunakan :
1.
Buku Harian
2.
Buku Kas Pembantu
3.
Buku kas Umum
4.
Administrasi Pajak Bumi dan
Bangunan, penerimaan setoran dari Kepala Dusun/ Kolektor dan menyetorkan ke
BRI.
G. Tugas dan Pokok Fungsi Pulisi Desa
v Pulisi Desa mempunyai tugas dan
fungsi :
a.
Pengumpul, pengelola dan evaluasi
data di bidang ketentraman dan ketertiban, pelayanan administrasi ijin
keramaian dan menginventarisir anggota Linmas.
b.
Membina ketentraman masyarakat dan
mendamaikan perselisihan.
c.
Mencatat dan melaporkan bila terjadi
tindak pidana kriminal seperti pencurian, perampokan, pembunuhan dan bencana
alam.
H. Tugas dan Fungsi Punduh/ Kepala Dusun
v Punduh/ Kepala Dusun mempunyai tugas
dan fungsi :
a.
Membantu pelaksanaan Kepala Desa di
wilayahnya masing-masing.
b.
Pelaksana kegiatan penyelenggaraan
pemerintah dan pembangunan, pembinaan RT/RW dan pembangunan yang dilaksanakan
secara gotong royong swadaya masyarakat.
c.
Membina Masyarakat di bidang
Siskamling.
D. Kesimpulan Dan Saran
1. Kesimpulan
Jadi pada intinya setiap perangkat desa
yang dimulai dari kepala desa sampai ketua RT memiliki tugas dan pokok fungsi
masing-masing sesuai dengan kapasitasnya sendiri.
2. Saran
Dengan
adanya penyuluhan ini diharapkan para perangkat desa dapat mengetahui tugas dan
fungsi jabatan mereka masing-masing.
PERTEMUAN
III
Monografi Desa
A.
Topik
Diskusi
Pada
pertemuan ke- III dilakukan penyuluhan dan diskusi tentang Monografi Desa
B. Justifikasi Kegiatan
- Latar Belakang
Pentingnya
monografi desa untuk mengetahui gambaran umum desa.
- Masalah.
Masalah
yang ada dalam Desa ini kurangnya data-data yang ada d kantor desa tentang monografi desa.
- Tujuan
Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan
tentang gambaran umum desa, letak geografis desa, kondisi dan ciri geografis
desa, demografi/kependudukan, pendidikan,mata pencarian, jumlah penduduk
berdasarkan agama dan aspek-aspek sosial budaya di desa ini.
C. Pembahasan
Monografi Desaadalah himpunan data yang dilaksanakan olehPemerintah Desa dan
Pemerintah yang tersusun secara sistematis,lengkap,akuratdan terpadu dalampenyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan
Monografi Desa dan Kelurahan bertujuan untuk :
1.Memperolaeh data dan informasi mengenai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan masyarakat secara sisitimatis,lengkap, akurat dan terpadu
.2.Memudahkan pengolahan data dan informasi yang siap disampaikan kepadaPemerintah ditingkat atas desa dan Kelurahan.
3.Memfungsikan Desa dan Kelurahan dalam kedudukannya sebagai sumber datadan informasi dalam penetapan berbagai
kebijaksanaan pemerintah.
D.
Kesimpulan
Dan Saran
- Kesimpulan
Monografi
desa memudahkan penggolahan data dan informasi tentang gambaran umum desa yang
bersangkutan.
- Saran
Dengan
diadakan penyuluhan tentang monografi desa diharapkan para perakat desa dapat
mengumpulkan data dan informasi yang lebih lengkap tentang desa yang
bersangkutan.
KEGIATAN IV
Peta
Desa
A.
Topik
Diskusi
Pada
pertemuan ke- IV dilakukan penyuluhan dan diskusi tentang peta desa.
B.
Justifikasi
Kegiatan
1. Latar
Belakang
Peta desa sangat
penting untuk mengetahui kondisi atau luas wilayah desa yang bersangkutan.
2. Masalah
Kurangnya
pengetahuan para perangkat desa tentang pentingnya mempunyai peta desa.
3.
Tujuan
Untuk
mempermudah menelitih wilayah desa.
C. Pembahasan
A. Arti,
Pengertian atau Definisi Peta
Peta adalah gambar atau lukisan keseluruhan atau pun sebagian permukaan bumi baik laut maupun darat.
B. Macam-Macam atau Jenis-Jenis Peta
Peta dapat diklasifikasi menjadi dua / 2 jenis, yakni :
1. Peta Umum
Peta umum adalah peta yang manampilkan bentuk fisik permukaan bumi suatu wilayah. Contoh : Peta jalan dan gedung wilayah DKI Jakarta.
2. Peta Khusus
Peta khusus adalah peta yang menampakkan suatu keadaan atau kondisi khusus suatu daerah tertentu atau keseluruhan daerah bumi.Contohnya adalah peta persebaran hasil tambang, peta curah hujan, peta pertanian perkebunan, peta iklim, dan lain sebagainya.
C. Pembagian Peta
1. Peta Luas
Peta luas adalah peta yang menggambarkan suatu daerah yang luas seperti peta dunia, peta daerah amerika utara, peta benua, peta samudera, peta kutub utara dan kutub selatan, dsb.
2. Peta Sempit
Peta sempit adalah peta yang hanya menampilkan sebagian kecil suatu area. Contoh peta sempit yaitu peta desa atau pedesaan, peta kota atau perkotaan, peta gorong-gorong kampung, peta gedung, denah rumah, dan lain sebagainya.
D. Bentuk Lain Dari Peta
1. Atlas
Atlas adalah gabungan dari beberapa peta yang dikumpulkan dalam sebuah buku yang memiliki judul atlas serta jenis-jenis atlas yang ada di buku tersebut.
2. Globe
Globe atau Bola Dunia adalah suatu bentuk tiruan bola bumi yang dibuat dalam skala yang kecil untuk dapat lebih memahami bentuk asli planet bumi.
E. Berbagai Macam dan Jenis Warna Peta Beserta Artinya / Arti Warna Pada Peta
1. Warna Laut
- hijau : 0 - 200 meter dpl / ketinggian
- kuning : 200 - 500 meter dpl / ketinggian
- coklat muda : 500 - 1500 meter dpl / ketinggian
- coklat : 1500 - 4000 meter dpl / ketinggian
- coklat berbintik hitam : 4000 - 6000 meter dpl / ketinggian
- coklat kehitam-hitaman : 6000 meter dpl lebih / ketinggian
2. Warna Darat
- biru pucat : 0 - 200 meter / kedalaman
- biru muda : 200 - 1000 meter / kedalaman
- biru : 1000 - 4000 meter / kedalaman
- biru tua : 4000 - 6000 meter / kedalaman
- biru tua berbintik merah : 6000 meter lebih / kedalaman
F. Syarat-Syarat yang Wajib Ada Pada Peta
1. Judul peta
2.Skala peta
3. Lambang Peta : jalan, sungai, ibu kota, pelabuhan, batas wiayah, dll
4. garis pinggir peta
5. Petunjuk arah mata angin : utara, selatan, timur, barat , dll
G. Jenis Skala Pada Peta
Pengertian atau definisi : Skala peta adalah perbandingan jarak di peta dengan jarak sesungguhnya dengan satuan atau tehnik tertentu.
1. Skala angka / skala pecahan
Contohnya seperti 1 : 1000 yang berarti 1 cm di peta sama dengan 1000 cm jarak aslinya di dunia nyata.
2. Skala Satuan
Misalnya seperti 1 inchi to 5 miles dengan arti 1 inch di peta adalah sama dengan 5 mil pada jarak sebenarnya.
3. Skala Garis
Skala garis menampilkan suatu garis dengan beberapa satuan jarak yang menyatakan suatu jarak pada tiap satuan jarak yang ada.
H. Proyeksi Pada Peta
Proyeksi peta adalah suatu teknik pemindahan gambar peta ke berbagai macam bentuk peta. Beberapa jenis-jenis proyeksi peta :
1. Proyeksi Mercator
2. Proyeksi Silinder
3. Proyeksi Mollowide
4. Proyeksi Kerucut
Peta adalah gambar atau lukisan keseluruhan atau pun sebagian permukaan bumi baik laut maupun darat.
B. Macam-Macam atau Jenis-Jenis Peta
Peta dapat diklasifikasi menjadi dua / 2 jenis, yakni :
1. Peta Umum
Peta umum adalah peta yang manampilkan bentuk fisik permukaan bumi suatu wilayah. Contoh : Peta jalan dan gedung wilayah DKI Jakarta.
2. Peta Khusus
Peta khusus adalah peta yang menampakkan suatu keadaan atau kondisi khusus suatu daerah tertentu atau keseluruhan daerah bumi.Contohnya adalah peta persebaran hasil tambang, peta curah hujan, peta pertanian perkebunan, peta iklim, dan lain sebagainya.
C. Pembagian Peta
1. Peta Luas
Peta luas adalah peta yang menggambarkan suatu daerah yang luas seperti peta dunia, peta daerah amerika utara, peta benua, peta samudera, peta kutub utara dan kutub selatan, dsb.
2. Peta Sempit
Peta sempit adalah peta yang hanya menampilkan sebagian kecil suatu area. Contoh peta sempit yaitu peta desa atau pedesaan, peta kota atau perkotaan, peta gorong-gorong kampung, peta gedung, denah rumah, dan lain sebagainya.
D. Bentuk Lain Dari Peta
1. Atlas
Atlas adalah gabungan dari beberapa peta yang dikumpulkan dalam sebuah buku yang memiliki judul atlas serta jenis-jenis atlas yang ada di buku tersebut.
2. Globe
Globe atau Bola Dunia adalah suatu bentuk tiruan bola bumi yang dibuat dalam skala yang kecil untuk dapat lebih memahami bentuk asli planet bumi.
E. Berbagai Macam dan Jenis Warna Peta Beserta Artinya / Arti Warna Pada Peta
1. Warna Laut
- hijau : 0 - 200 meter dpl / ketinggian
- kuning : 200 - 500 meter dpl / ketinggian
- coklat muda : 500 - 1500 meter dpl / ketinggian
- coklat : 1500 - 4000 meter dpl / ketinggian
- coklat berbintik hitam : 4000 - 6000 meter dpl / ketinggian
- coklat kehitam-hitaman : 6000 meter dpl lebih / ketinggian
2. Warna Darat
- biru pucat : 0 - 200 meter / kedalaman
- biru muda : 200 - 1000 meter / kedalaman
- biru : 1000 - 4000 meter / kedalaman
- biru tua : 4000 - 6000 meter / kedalaman
- biru tua berbintik merah : 6000 meter lebih / kedalaman
F. Syarat-Syarat yang Wajib Ada Pada Peta
1. Judul peta
2.Skala peta
3. Lambang Peta : jalan, sungai, ibu kota, pelabuhan, batas wiayah, dll
4. garis pinggir peta
5. Petunjuk arah mata angin : utara, selatan, timur, barat , dll
G. Jenis Skala Pada Peta
Pengertian atau definisi : Skala peta adalah perbandingan jarak di peta dengan jarak sesungguhnya dengan satuan atau tehnik tertentu.
1. Skala angka / skala pecahan
Contohnya seperti 1 : 1000 yang berarti 1 cm di peta sama dengan 1000 cm jarak aslinya di dunia nyata.
2. Skala Satuan
Misalnya seperti 1 inchi to 5 miles dengan arti 1 inch di peta adalah sama dengan 5 mil pada jarak sebenarnya.
3. Skala Garis
Skala garis menampilkan suatu garis dengan beberapa satuan jarak yang menyatakan suatu jarak pada tiap satuan jarak yang ada.
H. Proyeksi Pada Peta
Proyeksi peta adalah suatu teknik pemindahan gambar peta ke berbagai macam bentuk peta. Beberapa jenis-jenis proyeksi peta :
1. Proyeksi Mercator
2. Proyeksi Silinder
3. Proyeksi Mollowide
4. Proyeksi Kerucut
C.
Kesimpulan
Dan Saran
1. Kesimpulan
Pentingnya peta desa untuk suatu desa
agar masyarakat mengetahui wilayah tempat mereka tinggal.
2. Saran
Dengan adanya penyuluhan ini disarankan agar peta
desa di desa yang bersangkutan sering-sering diperbaharuih.
PERTEMUAN V
Musrenbangdes
A.
Topik
Diskusi
Pada pertemuan ke- V ini dilakukan penyuluhan tentang
Musrenbangdes.
B.
Justifikasi
Kegiatan
1.
Latar belakang
Pembangunan Infrastruktur pedesaan
masuk ke dalam agenda prioritas dalam perencanaan pembangunan nasional,
pemerintah menempatkan pembangunan infrastruktur sebagai pembangunan yang
sangat mendesak saat ini, hal ini disebabkan kondisi Infrastruktur pedesaan
claimm kondisi yang sangat memprihatinkan.Melihat kondisi tersebut maka
Pemerintah memfokuskan anggaran pembangunannya untuk membangun infrastruktur
pedesaan sampai dengan 5 tahun kedepan. Pembangunan Infrastruktur Pedesaan
haruslah merupakan inner will, yaitu suatu proses emansipasi diri, inisiatif
dan partisipasi kreatif masyarakat dalam pembangunan, karena keberhasilan
pembangunan pedesaan adalah dengan mengembangkan potensi kepercayaan dan
kemampuan masyarakat itu sendiri, sehingga dibutuhkan perencanaan Infrastruktur
Pedesaan yang berdasarkan kondisi wilayah, potensi alam dan kebutuhan
masyarakat, maka pemberdayaan perencanaan partisipatif dalam konteks
perencanaan pembangunan infrastruktur pedesaan merupakan suatu alternatif yang
balk, dan perencanaan partisipatif di pedesaan adalah melalui forum
Musrenbangdes.
2.
Tujuan
adalah
untuk mengetahui bagaimana efektivitas Musrenbangdes dalam perencanaan
pembangunan infrastruktur pedesaan berdasarkan kondisi dan potensi wilayah.
3. Masalah
Kurangnya
pengetahuan Para perangkat desa bagaimana cara melaksanakan Musyawarah Rencana
Pembangunan Desa.
C.
Pembahasan
Perencanaan Infrastruktur pedesaan
melalui Musrenbangdes sudah bisa dikatakan efektiv karena perencanaan
infrastruktur pedesaan yang dihasilkan didasarkan pada orientasi terhadap
lingkungannya (Kondisi wilayah) dan Optimalisasi sumber dayanya (Potensi
wilayah), tetapi untuk realisasi tujuannya belum terpenuhi.Perencanaan
Infrastruktur Pedesaan baik melalui analisis kondisi dan potensi wilayah maupun
perencanaan partisipatif usulannya berbeda-beda sesuai dengan letak geografis
wilayah tetapi mempunyai kesamaan bentuk perencanaan infrastruktur
pedesannya.Program Pembangunan infrastruktur Perdesaan adalah merupakan bagian
dari kegiatan peningkatan kesejahteraan rakyat, berm& konkritnya adalah
tersedianya akses prasarana lokal yang lebih memadai, dapat dimanfaatkan secara
langsung dan cepat oleh masyarakat, diharapkan perencanaan partisipatif melalui
Musrenbangdes di Desa ini dapat dijadikan dasar perencanaan pembangunan
infrastruktur di pedesaan.
D. Kesimpulan dan Saran
1.Kesimpulan
- Menampung dan menetapkan
kegiatan prioritas sesuai kebutuhan masyarakat yang diperoleh dari
musyawarah perencanaan yang sesuai dengan tingkatan dibawahnya
- Menetapkan kegiatan yang
dibiayai melalui APBD maupun sumber pendanaan lainnya
2. Saran
Diharapkan
setelah penyuluhan ini para perakat desa dapat melaksanakan musyawarah rencana
pembangunan desa demi kepentingan masyarakat.
PERTEMUAN VI
Program Kerja Perangkat Desa
A.
Topik Diskusi
Pada pertemuan ke- VI ini dilakukan penyuluhan program
kerja perangkat desa.
B.
Justifikasi Kegiatan
1.
Latar belakang
Program
kerja perangkat desa sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat
desa yang bersangkutan
2.
Masalah
Kurangnya ada program kerja yang tersedia di desa ini.
4.
Tujuan
Tujuan
dari penyuluhan ini adalah untuk meningkatkan program kerja para perangkat
untuk membangun kesejahteraan masyarakat
C.
Pembahasan
Bidang
Pemerintahan Desa dan Kelurahan
Program :
·
Peningkatan Kapasitas Pemerintahan
Desa/kelurahan.
·
Peningkatan Partisipasi Masyarakat
dalam Membangun Desa.
·
Penyempurnaan dan Pengembangan Data
Statistik.
Kegiatan
:
1.
Fasilitasi Pemberdayaan Pemerintahan Desa/kelurahan.
·
Koordinasi Penyusunan dan Penetapan
Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati/Walikota yang mengatur tentang desa.
Sosialisasi Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati/Walikota yang mengatur
mengenai Desa dan Kelurahan.
·
Evaluasi Peraturan Daerah
Kabupaten/Kota yang mengatur mengenai Desa dan Kelurahan.
·
Koordinasi Penyerahan urusan
Pemerintahan yang menjadi kewenangan Kabupaten/Kota kepada Desa.
·
Bimbingan Teknis dan Supervisi
Penyusunan Peraturan Desa dan Peraturan Kepala Desa.
·
Evaluasi Peraturan Desa.
2.
Penetapan dan Penegasan Batas Desa dan Batas Kelurahan.
·
Penetapan Tim Penegasan Batas Desa
dan Batas Kelurahan.
·
Penetapan dan Penegasan serta
pematokan fisik batas Desa dan batas Kelurahan.
·
Penyusunan Peta Desa dan peta
Kelurahan.
·
Sosialisasi tentang Batas Desa dan
Batas Kelurahan kepada masyarakat.
·
Fasilitasi penyerahan urusan
pemerintahan yang menjadi kewenangan Kabupaten/Kota ke Desa.
3.
Penataan Keuangan dan Asset Desa serta Penghasilan Tetap Pemerintahan Desa.
·
Koordinasi Penetapan
Alokasi Dana Desa 10% dari dana perimbangan keuangan yang diterima
Kabupaten/Kota.
·
Koordinasi Pelaksanaan 10% hasil
pajak daerah Kabupaten/Kota untuk Desa. Fasilitasi Pemberian Bantuan Keuangan
dari Provinsi dan Kabupaten/Kota kepada Desa.
·
Fasilitasi pengembangan
sumber-sumber keuangan desa (seperti pendirian Badan Usaha Milik Desa, dan
jenis usaha desa lainnya).
·
Fasilitasi Penyusunan Anggaran
Pendapatan Belanja Desa.
·
Koordinasi Alokasi Anggaran di alam
APBD Kabupaten/Kota untuk membiayai penghasilan tetap Kepala Desa dan Perangkat
Desa. (minimal setara dengan UMR Kabupaten/Kota).
·
Alokasi anggaran didalam APBD-Desa
untuk tunjangan pengahsilan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD).
·
Koordinasi peningkatan penghasilan
tetap pemerintahan desa.
·
Penataan Pengelolaan Keuangan
Alokasi Dana Desa mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan sampai
pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan desa.
·
Tata cara penghitungan dan penetapan
tunjangan bagi kepala desa dan perangkat desa.
·
Bantuan Penyediaan Prasarana Kerja
Pemerintah Desa (seperti gedung kantor desa dan/atau Balai Desa).
·
Bantuan Penyediaan sarana Kerja
Pemerintah Desa (seperti meubiler, mesin ketik/computer, dll).
·
Pembinaan administrasi
Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.
4.
Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Desa.
·
Pelatihan Manajemen Pemerintahan
Desa bagi Kepala Desa, Perangkat Desa, dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).
·
Study banding penyelenggaraan
pemerintahan desa bagi Kepala Desa, Perangkat Desa atau anggota Badan
Permusyawaratan Desa.
5.
Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah daerah dalam memfasilitasi
Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.
·
Rapat Kerja Daerah tentang Pemantapan
Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.
·
Fasilitasi Pemantapan
Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.
·
Pelatihan bagi Pelatih Manajemen
Pemerintahan Desa.
·
Pembahasan Rancangan Undang-undang
tentang Pemerintahan Desa di Pusat.
6.
Penataan Wilayah Administrasi Desa dan Kelurahan.
·
Fasilitasi Pelaksanaan Pengembangan
Desa, Pemekaran Desa dan Perubahan Status Desa menjadi Kelurahan serta
Penetapan dan Penegasan Batas Desa.
·
Koordinasi Pelaksanaan Pengembangan
Desa, Pemekaran Desa dan Perubahan Status Desa menjadi Kelurahan serta
Penetapan dan Penegasan Batas Desa termasuk penyelesaian masalahnya.
·
Bimbingan Teknis pengembangan,
pemekaran dan perubahan serta penetapan dan penegasan batas desa.
·
Evaluasi Pelaksanaan Pengembangan
Desa, Pemekaran Desa dan Perubahan Status Desa menjadi Kelurahan serta
Penetapan dan Penegasan Batas Desa.
7.
Perlombaan Desa dan Kelurahan.
·
Sosialisasi dan Pembinaan lomba desa
dan kelurahan.
·
Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan.
·
Menghadiri peringatan HUT
kemerdekaan RI bagi Kepala Desa dan Lurah juara Tingkat Provinsi.
·
Pembinaan Desa dan Kelurahan Juara
Tingkat Provinsi sebagai wakil Provinsi Bali untuk Perlombaan Desa dan
Kelurahan Tingkat Nasional.
·
Fasilitasi Perlombaan Desa dan
Kelurahan Tingkat Nasional.
8.
Fasilitasi DPD Asosiasi LPM Provinsi dan Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan.
·
Penguatan dan peningkatan kinerja
DPD Asosiasi LPM Provinsi Bali.
·
Penyusunan Perda tentang Lembaga
Kemasyarakatan.
·
Koordinasi Pengembangan Lembaga
Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan yang terintegrasi dalam RPJM dan SKPD.
·
Fasilitasi penyusunan Perdes tentang
Lembaga Kemasyarakatan.
·
Bantuan dan dalam Pengelolaan
Administrasi Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan.
·
Bintek dalam rangka penguatan
Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan.
·
Pembinaan dan pengawasan yang
berkesinambungan.
·
Monitoring Evaluasi dan Pelaporan.
9.
Fasilitasi Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa/Kelurahan.
·
Permasyarakatan dan Pemanfaatan
Forum Musrenbang Desa/Kelurahan sebagai acuan Aspirasi Masyarakat.
·
Sosialisasi bagi Aparat tentang
Musrenbang Desa dan Kelurahan.
·
Peningkatan peran serta Masyarakat
dalam kegiatan Pembangunan di Desa/Kelurahan.
·
Bimbingan teknis dan Fasilitasi
Penyusunan RPJM-D/K dan RKP-DK.
·
Sosialisasi dan Pembinaan SKPD
Kabupaten/Kota dalam penyusunan RPJM Desa dan Kelurahan.
·
Pendataan potensi Desa dan
Kelurahan.
·
Penyusunan Kurikulum dan Modul
Pelatihan Musrenbang Desa/Kelurahan.
·
Penyusunan Petunjuk Pelaksanaan
Pembangunan Partisipatif.
·
Mengkaji dan memformulasikan
regulasi-regulasi baru agar lebih jelas keterkaitan dan penerapannya di
Kabupaten/Kota.
·
Meningkatkan kompetensi teknis
daerah dalam Proses Perencanaan dan Pembangunan Partisipatif.
10. Pengembangan
Kader Pemberdayaan Masyarakat.
·
Perencanaan pengembangan Kader
Pemberdayaan Masyarakat.
·
Identifikasi kebutuhan pelatihan
Kader Pemberdayaan Masyarakat.
·
Pengembangan Management Informasi
System (MIS) dalam rangka penyediaan data dan informasi KPM Desa/Kelurahan
se-Provinsi Bali.
·
Koordinasi/teknis, pemberian
penghargaan, perlombaan KPM, monitoring, evaluasi dan pelaporan.
11. Pengembangan
dan fasilitasi Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa.
·
Identifikasi dan evaluasi terhadap
bentuk, jenis dan jenjang pelatihan pemberdayaan masyarakat Desa/Kelurahan.
·
Identifikasi kebutuhan pelatihan
masyarakat Desa dan Kelurahan sesuai rumpun pelatihan PMD dan karakteristik
masing-masing Desa/Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten/Kota yang difokuskan pada
3 unsur utama (1) Pemerintahan Desa dan Kelurahan, (2) Lembaga-lembaga
Kemasyarakatan (LPM/LKMD, PKK, Klian Dinas/Kepala Lingkungan, Karang Taruna
dll), (3) Warga Masyarakat Desa/Kelurahan.
·
Merumuskan jenis dan jenjang
pelatihan Pemberdayaan masyarakat Desa/Kelurahan yang berbasis pada Komunitas
dan kompetensi sesuai kebutuhan daerah.
·
Merekrut/seleksi dan mengukuhkan/melantik
anggota/pengurus Komite Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Kelurahan.
·
Pengalokasian Anggaran Pelatihan
Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.
·
Pengembangan Pelatihan Tingkat
Daerah.
·
Pengembangan Manajemen Informasi
System (MIS) Pelatihan PMD.
·
Koordinasi SKPD dalam
menyelenggarakan Pelatihan PMD.
·
Membuat Petunjuk Penyelenggaraan,
Kurikulum dan Modul Pelatihan PMD.
·
Pembinaan dan Pengawasan Pelatihan
PMD.
12. Fasilitasi
Pendataan, Pengolahan dan Pendayagunaan Profil Desa dan kelurahan.
- Pengembangan
system informasi pembangunan di desa dan kelurahan melalui pengembangan
system pendataan Data Dasar Profil Desa dan Profil Kelurahan.
- Fasilitasi
peningkatan kemampuan Pemerintahan Desa/Kelurahan dalam penataan system
pendataan profil desa dan profil kelurahan.
- Fasilitasi
Pendayagunaan Data Dasar Profil Desa dan Profil Kelurahan sebagai sumber
data utama dalam perencanaan pembangunan desa dan kelurahan serta
perencanaan pembangunan daerah.
- Fasilitasi
Profil Desa/Kelurahan dalam rangka perlombaan Desa dan perlombaan
Kelurahan.
D. Kesimpulan dan Saran
1.Kesimpulan
·
Peningkatan Kapasitas Pemerintahan
Desa/kelurahan.
·
Peningkatan Partisipasi Masyarakat
dalam Membangun Desa.
·
Penyempurnaan dan Pengembangan Data
Statistik.
2. Saran
Dengan
diadakan penyuluhan ini siharapkan para perangkat desa dapat menyusun program
kerja mereka.
Daftar Pustaka
Hhtp//google/struktur
pemerintahan desa
http://google/musyawarah rencana pembangunan desa
buku panduan KKN
UNIB 2012
TEKNOLOGI YANG DITERAPKAN
Teknologi
yang diterapakan
dalam pelaksanaan program KUKERTA periode 67tahun 2012 di DesaMarga Jaya Kecamatan Padang JayaKota Bengkulu adalah:
Ø
Teknik
Observasi
Teknik ini dilakukan dengan melakukan pengamatan secara
langsung, ini dilakukan untuk memperoleh berbagai data yang ada di DesaMarga
Jaya.
Ø
Teknik
Tatap Muka baik Formal maupun non Formal
Secara formal, mahasiswa dapat menyampaikan materi dengan
bertatap muka secara langsung dalam pertemuan-pertemuan formal. Untuk non
formal, bisa dilakukan dengan cara usaha pendekatan dan sosialisasi dengan
warga DesaMarga Jaya seperti perkenalan dan ramah tamah.
Ø
Teknik
pendekatan persuasif
Teknik ini dilakukan dengan cara mendekatkan diri dengan
warga DesaMarga Jaya dan menggerakkan masyarakat untuk mengikuti kegiatan yang
akan dilaksanakan baik dalam program kerja KUKERTA Universitas Bengkulu maupun
program kerja daerah
setempat.
Ø
Teknik
Wawancara
Dilakukan dengan mewawancarai pihak-pihak terkait yang
dirasa perlu dilakukan di DesaMarga Jaya dengan tujuan untuk mendapatkan
informasi tentang keadaan DesaMarga Jaya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar