Selasa, 20 November 2012

Laporan KKN Individu Administrasi Negara


PENYULUHAN PENINGKATAN PELAYANAN
ADMINISTRASI PEMERINTAHAN DESA

LAPORAN INDIVIDU
MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA (KKN)
UNIVERSITAS BENGKULU PERIODE KE- 67 TAHUN 2012
Tanggal 01 Juli s/d 31 Agustus 2012

DI

DESA : MARGA JAYA

KECAMATAN                                      : PADANG JAYA

KOTA  : BENGKULU

NAMA                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     : FATRIA UTAMI

NPM                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                : D1D009008

FAKULTAS                                                                                                            : ISIP

PRODI                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     : ADMINISTRASI NEGARA



PUSAT PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN KULIAH KERJA NYATA (P3KKN)
LEMBAGA PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
UNIVERSITAS BENGKULU
2012

HALAMAN PENGESAHAN

 

LAPORAN INDIVIDU

LAPORAN INDIVIDU KULIAH KERJA NYATA

UNIVERSITAS BENGKULU

PERIODE KE – 67


Tanggal 01 Juli s/d 31 Agustus 2012

 

di

DESA                    : MARGA JAYA

KECAMATAN                                             : PADANG JAYA

KOTA                  : BENGKULU

 


OLEH :

FATRIA UTAMI

NPM.D1D009008

 




Disetujui dan Disahkan Oleh :



 

                             

Dosen Pembimbing Lapangan

 



Dr. Puji Harsono, M.P

NIP.

Kepala Desa Marga Jaya

 



Sisno


 



KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan individu pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bengkulu Periode ke- 67 Tahun 2012 yang dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli sampai dengan 31Agustus 2012 di Desa Marga Jaya Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
Laporan ini ditulis sebagai pertanggungjawaban terhadap kegiatanKKN yang dilaksanakan di DesaMarga Jaya.Laporan individu ini disusun berdasarkan hasil pendekatan sosial, observasi, dan susunan program kerja yang telah direncanakan, serta didukung dan disetujui oleh aparat desa beserta masyarakat.Keberhasilan pelaksanaan KKN dan penulisan laporan ini mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1.      Bapak Prof. Zainal Mukhtamar selaku Rektor Universitas Bengkulu
2.      Ketua dan Tim pelaksana Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNIB Periode ke- 67
3.      BapakDr. Puji Harsono, M.P selaku Dosen Pembimbing Lapangan
4.      Bapak, S.Sos selaku Camat Kecamatan Padang Jaya
5.      Bapak Sisno selaku Kepala DesaMarga Jaya beserta perangkatnya
6.      Keluarga Bapak Imam Masjid Al-HudaDesaMarga Jaya yang selalu memberikan partisipasinya baik secara moril maupun secara spiritual.
7.      Seluruh warga DesaMarga Jaya
8.      Karang Taruna (pemuda-pemudi)DesaMarga Jaya
9.      Rekan-rekan KKN seperjuangan yang telah bekerja sama dalam pelaksanaan kegiatan program kerja di DesaMarga Jaya
10.  Semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan KKN UNIB Periode 67 yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

“Tak ada gading yang tak retak”, merupakan ungkapan yang tepat untuk disampaikan kepada pembaca. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan laporan ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang sifatnya membangun sangat penulis harapkan demi perbaikan dan penyempurnaan penulis dimasa yang akan datang. Akhirnya semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.Amin.
Bengkulu,        Agustus 2012
Penulis
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL............................................................................................................ i
HALAMAN PENGESAHAN.............................................................................................. ii
KATA PENGANTAR.......................................................................................................... iii
DAFTAR ISI......................................................................................................................... iv
DAFTAR LAMPIRAN........................................................................................................ vii
DAFTAR TABEL................................................................................................................. viii
DAFTAR GAMBAR............................................................................................................ ix

PERTEMUAN I:
A. Topik Kegiatan: Struktur Pemerintahan Desa................................................................... 1  
B.                  Justifikasi:
1.      Latar Belakang..................................................................................................... 1
2.      Masalah................................................................................................................ 2
3.      Tujuan.................................................................................................................. 2
C.   Pembahasan...................................................................................................................... 2
D.  Kesimpulan dan Saran...................................................................................................... 3
E.   Lampiran.......................................................................................................................... 3
1.    Daftar Hadir......................................................................................................... 3
2.    Notulensi Diskusi................................................................................................. 3
3.    Foto...................................................................................................................... 3
4.    Surat keterangan................................................................................................... 3

PERTEMUAN 2:
A.    Topik Kegiatan: Tupoksi Perangkat Desa........................................................................ 4
B.                 Justifikasi:
1.      Latar Belakang..................................................................................................... 4
2.      Masalah................................................................................................................ 4
3.      Tujuan.................................................................................................................. 5
C.   Pembahasan...................................................................................................................... 5
D.  Kesimpulan dan Saran...................................................................................................... 6
E.   Lampiran
1.    Daftar Hadir......................................................................................................... 6
2.    Notulensi Diskusi................................................................................................. 6
3.    Foto...................................................................................................................... 6
4.    Surat keterangan................................................................................................... 6

PERTEMUAN 3:
A.    Topik Kegiatan: Monografi Desa.................................................................................... 7
B.     Justifikasi:
1.       Latar Belakang.................................................................................................... 7
2.       Masalah............................................................................................................... 7
3.       Tujuan................................................................................................................. 7
C.      Pembahasan.................................................................................................................... 7
D.     Kesimpulan dan Saran.................................................................................................... 9
E.      Lampiran
1.      Daftar Hadir........................................................................................................ 9
2.      Notulensi Diskusi................................................................................................. 9
3.      Foto...................................................................................................................... 9
4.      Surat keterangan.................................................................................................. 9

PERTEMUAN 4:
A.    Topik Kegiatan: Peta Desa.............................................................................................. 10
B.     Justifikasi:
1.      Latar Belakang..................................................................................................... 10
2.      Masalah................................................................................................................ 11
3.      Tujuan.................................................................................................................. 11
C.        Pembahasan.................................................................................................................... 11
D.        Kesimpulan dan Saran................................................................................................... 13
E.         Lampiran
1.      Daftar Hadir........................................................................................................             13
2.      Notulensi Diskusi................................................................................................. 13
3.      Foto...................................................................................................................... 13
4.      Surat keterangan.................................................................................................. 13

PERTEMUAN 5:
A.    Topik Kegiatan: Musrenbangdes..................................................................................... 14
B.      Justifikasi:
1.      Latar Belakang..................................................................................................... 15
2.      Masalah................................................................................................................ 15
3.      Tujuan.................................................................................................................. 15
C.     Pembahasan..................................................................................................................... 15
D.     Kesimpulan dan Saran.................................................................................................... 17
E.      Lampiran
1.      Daftar Hadir........................................................................................................ 17
2.      Notulensi Diskusi................................................................................................. 17
3.      Foto...................................................................................................................... 17
4.      Surat keterangan.................................................................................................. 17

PERTEMUAN 6:
A.    Topik Kegiatan: Program Kerja Perangkat Kerja............................................................ 18
B.     Justifikasi:
1.       Latar Belakang.................................................................................................... 18
2.      Masalah................................................................................................................ 19
3.      Tujuan.................................................................................................................. 20
C.      Pembahasan.................................................................................................................... 20
D.    Kesimpulan dan Saran..................................................................................................... 24
E.     Lampiran
1.       Daftar Hadir....................................................................................................... 24
2.       Notulensi Diskusi................................................................................................ 24
3.      Foto...................................................................................................................... 24
4.       Surat keterangan................................................................................................. 24
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................................... 25
LAMPIRAN.......................................................................................................................... 26






DAFTAR LAMPIRAN



Surat Keterangan Telah Melaksanakan Kegiatan KKN
Penetapan Masalah Program Kerja KKN UNIB Periode ke- 67 Tahun 2012
Rencana Kegiatan Pelaksanaan Program kerja KKN UNIB Periode ke- 67 tahun 2012
Peta wilayah DesaMarga Jaya
Kalender Kerja KKN UNIB Periode ke- 67 Tahun 2012 DesaMarga Jaya
Teknologi yang diterapkan














DAFTAR TABEL

Daftar Hadir dan Kalender Kegiatan 1
Daftar Hadir dan Kalender Kega            iatan 2
Daftar Hadir dan Kalender Kegiatan 3
Daftar Hadir dan Kalender Kegiatan 4
Daftar Hadir dan Kalender Kegiatan 5
Daftar Hadir dan Kalender Kegiatan 6



DAFTAR GAMBAR

1.      Photo Kegiatan 1 :
2.      Photo Kegiatan 2 :
3.      Photo Kegiatan 3 :
4.      Photo Kegiatan 4 :
5.      Photo Kegiatan 5 :
6.      Photo Kegiatan 6 :





























PERTEMUAN I
Struktur Pemerintahan Desa

A.    Topik Diskusi
Pada pertemuan ke- 1 ini dilakukan penyuluhan dan diskusi tentangStruktur Pemerintahan Desa yg baik dan benar.

B.        Justifikasi Kegiatan
  1. Latar Belakang
DesaMarga Jayamerupakan salah satu Desayang terletakdi Kecamatan Padang Jaya
Yang mempunyai para perangkat-perangkat desa yang mengatur kesejahteraan masyarakat desa.

  1. Masalah
Masalah yang ada dalam masyarakat yakni belum sempurnanya penetapan tugas dan wewenangan para perangkat desa ini.
  1. Tujuan
Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para perangkat desa akan pentingnya struktur pemerintahan desa yang terarah ke visi dan misi Desa ini
C.    Pembahasan
Pengertian dari Pemerintahan Desa ialah merupakan simbol formal dari pada kesatuan masyarakat desa. Pemerintahan desa diselenggarajan dibawah pimpinanan Kepala Desa beserta para pembantunya (perangkat desa), mewakili masyarakat desa guna hubungan ke luar atau pun k dalam masyarakat yang bersangkutan. Pemerintahan desa bertugas untuk menbina kehidupan masyarakat desa, membina perekonomian desa, memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat desa, mendamaikan perselisihan masyarakat di desa, mengajukan rancangan peraturan desa dan menetapkan sebagai peraturan desa bersama dengan BPD.
Contoh struktur pemerintahan desa :
a. Kepala desa
b. Badan Permusyawaratan Desa (BPD)
c. 
Sekretaris desa
d. Kepala urusan pemerintahan
e. Kepala urusan pembangunan
f. Kepala urusan kesejahteraan rakyat
g. Kepala urusan keuangan
h. Kepala urusan umum

Untuk lebih jelasnya lagi perhatikan contoh bagan struktur
organisasi pemerintahan desa di bawah ini!

D.    Kesimpulan Dan Saran
1.      Kesimpulan
Pentingnya Stuktur desa yang baik untuk mencapai kesejahteraan masyarakat desa yang bersangkutan.sistem administrasi masyarakat di tingkat desa di Indonesia sudah memiliki tata struktur yang baik dari mulai adanya kepala desa sampai staf-staf pembantu kepala desa. Hampir di seluruh desa dalam wilayah Indonesia menerapkan sistem pemerintahan desa yang sama antara wilayah yang satu dengan wilayah yang lain, dan antara desa yang satu dengan desa yang lain, sehingga tatanan pemerintahan di tingkat desa bisa berjalan dengan baik dan tersistem.
2.      Saran
Diharapkan setelah penyuluhan ini para perangkat desa dapat membuat struktur pemerintahan desa yang baik dan benar.
                                       PERTEMUAN II
Tupoksi Perangkat Desa

A.    Topik Diskusi
Pada pertemuan ke- II ini dilakukan penyuluhan dan diskusi tentang tugas dan pokok fungsi para perangkat desa.

B.      Justifikasi Kegiatan
1. Latar Belakang
Tugas dan pokok fungsi perangkat desa merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah karena hal tersebut akan mempengaruhi perkembangan desa yang bersangkutan.
2.Masalah
Masalah yang ada adalah kurangnya pengetahuan para perangkat desa akan tugas dan fungsi jabatan mereka.
3.Tujuan
Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para perangkat desa akan tugas dan pokok fungsi jabatan yang mereka jabat agar dapat bekerja dengan baik untuk mencapai tujuan desa ini.

C.    Pembahasan.
A.   Tugas dan Pokok Fungsi Kepala Desa
v  Kepala Desa mempunyai tugas-tugas antara lain :
a.    Memimpin penyelenggaraan Pemerintah Desa
b.    Memimpin penyelenggaraan Pembangunan Desa
c.    Membina Kehidupan masyarakat Desa
d.    Membina Perekonomian Desa
e.    Mendamaikan perselisihan masyarakat Desa
f.     Mewakili Desa di dalam dan di luar pengadilan dan dapat menunjuk kuasa hukum
g.    Mengajukan rancangan peraturan Desa dan bersama BPD menetapkan Peraturan Desa
h.    Menjaga kelestarian adat istiadat yang hidup dan berkembang di Desa
B.    Tugas dan Pokok Fungsi Sekretaris Desa
v  Sekretaris Desa mempunyai tugas-tugas anata lain :
a.    Membantu Kepala Desa di bidang pembinaan administrasi dan memberikan pelayanan teknis administrasi kepada seluruh perangkat Pemerintahan desa dan kepada Masyarakat.
b.    Mewakili Kepala Desa dalam hal Kepala Desa berhalangan tetap.
c.    Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Desa.

C.   Tugas dan Pokok Fungsi Kepala Urusan Pemerintahan
v  Kepala Urusan Pemerintahan mempunyai tugas antara lain :
a.    Pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga
b.    Pelayanan pembuatan Surat Keterangan Kelahiran, Kematian dan Akta Kelahiran.
c.    Pencatatan perubahan kepemilikan tanah akibat dari jual beli, hibah pemindahan hak atas tanah, wakaf, sesuai dengan ketentuan tertentu
d.    dan peraturan yang berlaku.
e.    Tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan

D.   Tugas dan Pokok Fungsi Kepala Urusan Ekonomi dan Pembangunan
v  Kepala Urusan Ekonomi dan Pembangunan mempunyai tugas-tugas antara lain:
a.    Mencatat urusan perekonomian, pelayanan kepada yang memerlukan SITU/SIUP/IMB.
b.    Mencatat pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan oleh swadaya masyarakat atau program pembangunan yang ada di Desa.
c.    Mengembangkan perekonomian desa .
d.    Tugas- tugas lain diberikan atasan

E.    Tugas dan Pokok Fungsi Kepala Urusan umum
v  Kepala Urusan umum mempunyai tugas dan fungsi:
a.    Mencatat semua surat Keputusan Pengangkatan Perangkat Desa . Punduh /  Kepala Dusun .
b.    Mencatat keuangan desa yang termasuk  dalam APBD Desa 
c.    Mencatat seluruh kekayaan Desa, inventaris Desa, urusan rumah tangga Desa, kearsipan dan pelaporan.
d.    Administrasi tugas pembuatan berupa pungutan PBB dan penyetorannya.

F.    Tugas dan Fungsi Bendaharawan
v  Bendaharawan mempunyai tugas dan fungsi :
Mencatat keuangan penerimaan dan pengeluaran keuangan sesuai dengan
Anggaran penerimaan dan Belanja Desa, dan mencatat serta melaporkan kepada Kepala desa bantuan-bantuan dari Pemerintah Kabupaten, Propinsi dan Pusat dengan menggunakan :
1.    Buku Harian
2.    Buku Kas Pembantu
3.    Buku kas Umum
4.    Administrasi Pajak Bumi dan Bangunan, penerimaan setoran dari Kepala Dusun/ Kolektor dan menyetorkan ke BRI.

G.   Tugas dan Pokok Fungsi Pulisi Desa
v  Pulisi Desa mempunyai tugas dan fungsi :
a.    Pengumpul, pengelola dan evaluasi data di bidang ketentraman dan ketertiban, pelayanan administrasi ijin keramaian dan menginventarisir anggota Linmas.
b.    Membina ketentraman masyarakat dan mendamaikan perselisihan.
c.    Mencatat dan melaporkan bila terjadi tindak pidana kriminal seperti pencurian, perampokan, pembunuhan dan bencana alam.

H.   Tugas dan Fungsi Punduh/ Kepala Dusun
v  Punduh/ Kepala Dusun mempunyai tugas dan fungsi :
a.    Membantu pelaksanaan Kepala Desa di wilayahnya masing-masing.
b.    Pelaksana kegiatan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan, pembinaan RT/RW dan pembangunan yang dilaksanakan secara gotong royong swadaya masyarakat.
c.    Membina Masyarakat di bidang Siskamling.

D.    Kesimpulan Dan Saran
1.   Kesimpulan
Jadi pada intinya setiap perangkat desa yang dimulai dari kepala desa sampai ketua RT memiliki tugas dan pokok fungsi masing-masing sesuai dengan kapasitasnya sendiri.

2.   Saran
Dengan adanya penyuluhan ini diharapkan para perangkat desa dapat mengetahui tugas dan fungsi jabatan mereka masing-masing.





PERTEMUAN III
Monografi Desa
A.    Topik Diskusi
Pada pertemuan ke- III dilakukan penyuluhan dan diskusi tentang Monografi Desa
B.  Justifikasi Kegiatan
  1. Latar Belakang
Pentingnya monografi desa untuk mengetahui gambaran umum desa.
  1. Masalah.
Masalah yang ada dalam Desa ini kurangnya data-data yang ada d kantor desa tentang  monografi desa.
  1. Tujuan
Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan tentang gambaran umum desa, letak geografis desa, kondisi dan ciri geografis desa, demografi/kependudukan, pendidikan,mata pencarian, jumlah penduduk berdasarkan agama dan aspek-aspek sosial budaya di desa ini.

C. Pembahasan
Monografi Desaadalah himpunan data yang dilaksanakan olehPemerintah Desa dan Pemerintah yang tersusun secara sistematis,lengkap,akuratdan terpadu dalampenyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan 
Monografi Desa dan Kelurahan bertujuan untuk :
1.Memperolaeh data dan informasi mengenai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan masyarakat secara sisitimatis,lengkap, akurat dan terpadu
.2.Memudahkan pengolahan data dan informasi yang siap disampaikan kepadaPemerintah ditingkat atas desa dan Kelurahan.
3.Memfungsikan Desa dan Kelurahan dalam kedudukannya sebagai sumber datadan informasi dalam penetapan berbagai kebijaksanaan pemerintah.
D.             Kesimpulan Dan Saran
  1. Kesimpulan
Monografi desa memudahkan penggolahan data dan informasi tentang gambaran umum desa yang bersangkutan.

  1. Saran
Dengan diadakan penyuluhan tentang monografi desa diharapkan para perakat desa dapat mengumpulkan data dan informasi yang lebih lengkap tentang desa yang bersangkutan.





KEGIATAN IV
Peta Desa
A.    Topik Diskusi
Pada pertemuan ke- IV dilakukan penyuluhan dan diskusi tentang peta desa.
B.     Justifikasi Kegiatan
1.      Latar Belakang
Peta desa sangat penting untuk mengetahui kondisi atau luas wilayah desa yang bersangkutan.
2.     Masalah
Kurangnya pengetahuan para perangkat desa tentang pentingnya mempunyai peta desa.
3. Tujuan
Untuk mempermudah menelitih wilayah desa.
C. Pembahasan
A. Arti, Pengertian atau Definisi Peta

Peta adalah gambar atau lukisan keseluruhan atau pun sebagian permukaan bumi baik laut maupun darat.

B. Macam-Macam atau Jenis-Jenis Peta

Peta dapat diklasifikasi menjadi dua / 2 jenis, yakni :
1. Peta Umum
Peta umum adalah peta yang manampilkan bentuk fisik permukaan bumi suatu wilayah. Contoh : Peta jalan dan gedung wilayah DKI Jakarta.
2. Peta Khusus
Peta khusus adalah peta yang menampakkan suatu keadaan atau kondisi khusus suatu daerah tertentu atau keseluruhan daerah bumi.Contohnya adalah peta persebaran hasil tambang, peta curah hujan, peta pertanian perkebunan, peta iklim, dan lain sebagainya.

C. Pembagian Peta

1. Peta Luas
Peta luas adalah peta yang menggambarkan suatu daerah yang luas seperti peta dunia, peta daerah amerika utara, peta benua, peta samudera, peta kutub utara dan kutub selatan, dsb.
2. Peta Sempit
Peta sempit adalah peta yang hanya menampilkan sebagian kecil suatu area. Contoh peta sempit yaitu peta desa atau pedesaan, peta kota atau perkotaan, peta gorong-gorong kampung, peta gedung, denah rumah, dan lain sebagainya.

D. Bentuk Lain Dari Peta

1. Atlas
Atlas adalah gabungan dari beberapa peta yang dikumpulkan dalam sebuah buku yang memiliki judul atlas serta jenis-jenis atlas yang ada di buku tersebut.
2. Globe
Globe atau Bola Dunia adalah suatu bentuk tiruan bola bumi yang dibuat dalam skala yang kecil untuk dapat lebih memahami bentuk asli planet bumi.

E. Berbagai Macam dan Jenis Warna Peta Beserta Artinya / Arti Warna Pada Peta

1. Warna Laut
- hijau : 0 - 200 meter dpl / ketinggian
- kuning : 200 - 500 meter dpl / ketinggian
- coklat muda : 500 - 1500 meter dpl / ketinggian
- coklat : 1500 - 4000 meter dpl / ketinggian
- coklat berbintik hitam : 4000 - 6000 meter dpl / ketinggian
- coklat kehitam-hitaman : 6000 meter dpl lebih / ketinggian

2. Warna Darat
- biru pucat : 0 - 200 meter / kedalaman
- biru muda : 200 - 1000 meter / kedalaman
- biru : 1000 - 4000 meter / kedalaman
- biru tua : 4000 - 6000 meter / kedalaman
- biru tua berbintik merah : 6000 meter lebih / kedalaman

F. Syarat-Syarat yang Wajib Ada Pada Peta

1. Judul peta
2.Skala peta
3. Lambang Peta : jalan, sungai, ibu kota, pelabuhan, batas wiayah, dll
4. garis pinggir peta
5. Petunjuk arah mata angin : utara, selatan, timur, barat , dll

G. Jenis Skala Pada Peta

Pengertian atau definisi : Skala peta adalah perbandingan jarak di peta dengan jarak sesungguhnya dengan satuan atau tehnik tertentu.

1. Skala angka / skala pecahan
Contohnya seperti 1 : 1000 yang berarti 1 cm di peta sama dengan 1000 cm jarak aslinya di dunia nyata.
2. Skala Satuan
Misalnya seperti 1 inchi to 5 miles dengan arti 1 inch di peta adalah sama dengan 5 mil pada jarak sebenarnya.
3. Skala Garis
Skala garis menampilkan suatu garis dengan beberapa satuan jarak yang menyatakan suatu jarak pada tiap satuan jarak yang ada.

H. Proyeksi Pada Peta

Proyeksi peta adalah suatu teknik pemindahan gambar peta ke berbagai macam bentuk peta. Beberapa jenis-jenis proyeksi peta :
1. Proyeksi Mercator
2. Proyeksi Silinder
3. Proyeksi Mollowide
4. Proyeksi Kerucut


C.    Kesimpulan Dan Saran
1.   Kesimpulan
Pentingnya peta desa untuk suatu desa agar masyarakat mengetahui wilayah tempat mereka tinggal.
2.   Saran
Dengan adanya penyuluhan ini disarankan agar peta desa di desa yang bersangkutan sering-sering diperbaharuih.
PERTEMUAN V
Musrenbangdes
A.                Topik Diskusi
           Pada pertemuan ke- V ini dilakukan penyuluhan tentang Musrenbangdes.
B.                 Justifikasi Kegiatan
1.         Latar belakang
Pembangunan Infrastruktur pedesaan masuk ke dalam agenda prioritas dalam perencanaan pembangunan nasional, pemerintah menempatkan pembangunan infrastruktur sebagai pembangunan yang sangat mendesak saat ini, hal ini disebabkan kondisi Infrastruktur pedesaan claimm kondisi yang sangat memprihatinkan.Melihat kondisi tersebut maka Pemerintah memfokuskan anggaran pembangunannya untuk membangun infrastruktur pedesaan sampai dengan 5 tahun kedepan. Pembangunan Infrastruktur Pedesaan haruslah merupakan inner will, yaitu suatu proses emansipasi diri, inisiatif dan partisipasi kreatif masyarakat dalam pembangunan, karena keberhasilan pembangunan pedesaan adalah dengan mengembangkan potensi kepercayaan dan kemampuan masyarakat itu sendiri, sehingga dibutuhkan perencanaan Infrastruktur Pedesaan yang berdasarkan kondisi wilayah, potensi alam dan kebutuhan masyarakat, maka pemberdayaan perencanaan partisipatif dalam konteks perencanaan pembangunan infrastruktur pedesaan merupakan suatu alternatif yang balk, dan perencanaan partisipatif di pedesaan adalah melalui forum Musrenbangdes.
2.         Tujuan
adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas Musrenbangdes dalam perencanaan pembangunan infrastruktur pedesaan berdasarkan kondisi dan potensi wilayah.
3.   Masalah
Kurangnya pengetahuan Para perangkat desa bagaimana cara melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa.
C. Pembahasan
Perencanaan Infrastruktur pedesaan melalui Musrenbangdes sudah bisa dikatakan efektiv karena perencanaan infrastruktur pedesaan yang dihasilkan didasarkan pada orientasi terhadap lingkungannya (Kondisi wilayah) dan Optimalisasi sumber dayanya (Potensi wilayah), tetapi untuk realisasi tujuannya belum terpenuhi.Perencanaan Infrastruktur Pedesaan baik melalui analisis kondisi dan potensi wilayah maupun perencanaan partisipatif usulannya berbeda-beda sesuai dengan letak geografis wilayah tetapi mempunyai kesamaan bentuk perencanaan infrastruktur pedesannya.Program Pembangunan infrastruktur Perdesaan adalah merupakan bagian dari kegiatan peningkatan kesejahteraan rakyat, berm& konkritnya adalah tersedianya akses prasarana lokal yang lebih memadai, dapat dimanfaatkan secara langsung dan cepat oleh masyarakat, diharapkan perencanaan partisipatif melalui Musrenbangdes di Desa ini dapat dijadikan dasar perencanaan pembangunan infrastruktur di pedesaan.


D. Kesimpulan dan Saran
1.Kesimpulan
  • Menampung dan menetapkan kegiatan prioritas sesuai kebutuhan masyarakat yang diperoleh dari musyawarah perencanaan yang sesuai dengan tingkatan dibawahnya
  • Menetapkan kegiatan yang dibiayai melalui APBD maupun sumber pendanaan lainnya

2. Saran
Diharapkan setelah penyuluhan ini para perakat desa dapat melaksanakan musyawarah rencana pembangunan desa demi kepentingan masyarakat.




PERTEMUAN VI
Program Kerja Perangkat Desa
A.  Topik Diskusi
            Pada pertemuan ke- VI ini dilakukan penyuluhan program kerja perangkat desa.
B. Justifikasi Kegiatan
1. Latar belakang
Program kerja perangkat desa sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa yang bersangkutan
2. Masalah
Kurangnya ada program kerja yang tersedia di desa ini.
4.   Tujuan
Tujuan dari penyuluhan ini adalah untuk meningkatkan program kerja para perangkat untuk membangun kesejahteraan masyarakat
C. Pembahasan
Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan
Program :       
·         Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Desa/kelurahan.
·         Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Membangun Desa.
·         Penyempurnaan dan Pengembangan Data Statistik.
Kegiatan :
1.   Fasilitasi Pemberdayaan Pemerintahan Desa/kelurahan.
·         Koordinasi Penyusunan dan Penetapan Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati/Walikota yang mengatur tentang desa. Sosialisasi Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati/Walikota yang mengatur mengenai Desa dan Kelurahan.
·         Evaluasi Peraturan Daerah Kabupaten/Kota yang mengatur mengenai Desa dan Kelurahan.
·         Koordinasi Penyerahan urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Kabupaten/Kota kepada Desa.
·         Bimbingan Teknis dan Supervisi Penyusunan Peraturan Desa dan Peraturan Kepala Desa.
·         Evaluasi Peraturan Desa.
2.   Penetapan dan Penegasan Batas Desa dan Batas Kelurahan.
·         Penetapan Tim Penegasan Batas Desa dan Batas Kelurahan.
·         Penetapan dan Penegasan serta pematokan fisik batas Desa dan batas Kelurahan.
·         Penyusunan Peta Desa dan peta Kelurahan.
·         Sosialisasi tentang Batas Desa dan Batas Kelurahan kepada masyarakat.
·         Fasilitasi penyerahan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Kabupaten/Kota ke Desa.
3.   Penataan Keuangan dan Asset Desa serta Penghasilan Tetap Pemerintahan Desa.
·         Koordinasi Penetapan Alokasi Dana Desa 10% dari dana perimbangan keuangan yang diterima Kabupaten/Kota.
·         Koordinasi Pelaksanaan 10% hasil pajak daerah Kabupaten/Kota untuk Desa. Fasilitasi Pemberian Bantuan Keuangan dari Provinsi dan Kabupaten/Kota kepada Desa.
·         Fasilitasi pengembangan sumber-sumber keuangan desa (seperti pendirian Badan Usaha Milik Desa, dan jenis usaha desa lainnya).
·         Fasilitasi Penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa.
·         Koordinasi Alokasi Anggaran di alam APBD Kabupaten/Kota untuk membiayai penghasilan tetap Kepala Desa dan Perangkat Desa. (minimal setara dengan UMR Kabupaten/Kota).
·         Alokasi anggaran didalam APBD-Desa untuk tunjangan pengahsilan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD).
·         Koordinasi peningkatan penghasilan tetap pemerintahan desa.
·         Penataan Pengelolaan Keuangan Alokasi Dana Desa mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan sampai pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan desa.
·         Tata cara penghitungan dan penetapan tunjangan bagi kepala desa dan perangkat desa.
·         Bantuan Penyediaan Prasarana Kerja Pemerintah Desa (seperti gedung kantor desa dan/atau Balai Desa).
·         Bantuan Penyediaan sarana Kerja Pemerintah Desa (seperti meubiler, mesin ketik/computer, dll).
·         Pembinaan administrasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.
4.   Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Desa.  
·         Pelatihan Manajemen Pemerintahan Desa bagi Kepala Desa, Perangkat Desa, dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).
·         Study banding penyelenggaraan pemerintahan desa bagi Kepala Desa, Perangkat Desa atau anggota Badan Permusyawaratan Desa.
5.   Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah daerah dalam memfasilitasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.
·         Rapat Kerja Daerah tentang Pemantapan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.
·         Fasilitasi Pemantapan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.
·         Pelatihan bagi Pelatih Manajemen Pemerintahan Desa.
·         Pembahasan Rancangan Undang-undang tentang Pemerintahan Desa di Pusat.
6.   Penataan Wilayah Administrasi Desa dan Kelurahan.
·         Fasilitasi Pelaksanaan Pengembangan Desa, Pemekaran Desa dan Perubahan Status Desa menjadi Kelurahan serta Penetapan dan Penegasan Batas Desa.
·         Koordinasi Pelaksanaan Pengembangan Desa, Pemekaran Desa dan Perubahan Status Desa menjadi Kelurahan serta Penetapan dan Penegasan Batas Desa termasuk penyelesaian masalahnya.
·         Bimbingan Teknis pengembangan, pemekaran dan perubahan serta penetapan dan penegasan batas desa.
·         Evaluasi Pelaksanaan Pengembangan Desa, Pemekaran Desa dan Perubahan Status Desa menjadi Kelurahan serta Penetapan dan Penegasan Batas Desa.
7.   Perlombaan Desa dan Kelurahan.
·         Sosialisasi dan Pembinaan lomba desa dan kelurahan.
·         Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan.
·         Menghadiri peringatan HUT kemerdekaan RI bagi Kepala Desa dan Lurah juara Tingkat Provinsi.
·         Pembinaan Desa dan Kelurahan Juara Tingkat Provinsi sebagai wakil Provinsi Bali untuk Perlombaan Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional.
·         Fasilitasi Perlombaan Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional.
8.   Fasilitasi DPD Asosiasi LPM Provinsi dan Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan.
·         Penguatan dan peningkatan kinerja DPD Asosiasi LPM Provinsi Bali.
·         Penyusunan Perda tentang Lembaga Kemasyarakatan.
·         Koordinasi Pengembangan Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan yang terintegrasi dalam RPJM dan SKPD.
·         Fasilitasi penyusunan Perdes tentang Lembaga Kemasyarakatan.
·         Bantuan dan dalam Pengelolaan Administrasi Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan.
·         Bintek dalam rangka penguatan Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan.
·         Pembinaan dan pengawasan yang berkesinambungan.
·         Monitoring Evaluasi dan Pelaporan.
9.   Fasilitasi Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa/Kelurahan.
·         Permasyarakatan dan Pemanfaatan Forum Musrenbang Desa/Kelurahan sebagai acuan Aspirasi Masyarakat.
·         Sosialisasi bagi Aparat tentang Musrenbang Desa dan Kelurahan.
·         Peningkatan peran serta Masyarakat dalam kegiatan Pembangunan di Desa/Kelurahan.
·         Bimbingan teknis dan Fasilitasi Penyusunan RPJM-D/K dan RKP-DK.
·         Sosialisasi dan Pembinaan SKPD Kabupaten/Kota dalam penyusunan RPJM Desa dan Kelurahan.
·         Pendataan potensi Desa dan Kelurahan.
·         Penyusunan Kurikulum dan Modul Pelatihan Musrenbang Desa/Kelurahan.
·         Penyusunan Petunjuk Pelaksanaan Pembangunan Partisipatif.
·         Mengkaji dan memformulasikan regulasi-regulasi baru agar lebih jelas keterkaitan dan penerapannya di Kabupaten/Kota.
·         Meningkatkan kompetensi teknis daerah dalam Proses Perencanaan dan Pembangunan Partisipatif.
10. Pengembangan Kader Pemberdayaan Masyarakat.
·         Perencanaan pengembangan Kader Pemberdayaan Masyarakat.
·         Identifikasi kebutuhan pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat.
·         Pengembangan Management Informasi System (MIS) dalam rangka penyediaan data dan informasi KPM Desa/Kelurahan se-Provinsi Bali.
·         Koordinasi/teknis, pemberian penghargaan, perlombaan KPM, monitoring, evaluasi dan pelaporan.
11. Pengembangan dan fasilitasi Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa.
·         Identifikasi dan evaluasi terhadap bentuk, jenis dan jenjang pelatihan pemberdayaan masyarakat Desa/Kelurahan.
·         Identifikasi kebutuhan pelatihan masyarakat Desa dan Kelurahan sesuai rumpun pelatihan PMD dan karakteristik masing-masing Desa/Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten/Kota yang difokuskan pada 3 unsur utama (1) Pemerintahan Desa dan Kelurahan, (2) Lembaga-lembaga Kemasyarakatan (LPM/LKMD, PKK, Klian Dinas/Kepala Lingkungan, Karang Taruna dll), (3) Warga Masyarakat Desa/Kelurahan.
·         Merumuskan jenis dan jenjang pelatihan Pemberdayaan masyarakat Desa/Kelurahan yang berbasis pada Komunitas dan kompetensi sesuai kebutuhan daerah.
·         Merekrut/seleksi dan mengukuhkan/melantik anggota/pengurus Komite Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Kelurahan.
·         Pengalokasian Anggaran Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.
·         Pengembangan Pelatihan Tingkat Daerah.
·         Pengembangan Manajemen Informasi System (MIS) Pelatihan PMD.
·         Koordinasi SKPD dalam menyelenggarakan Pelatihan PMD.
·         Membuat Petunjuk Penyelenggaraan, Kurikulum dan Modul Pelatihan PMD.
·         Pembinaan dan Pengawasan Pelatihan PMD.
12. Fasilitasi Pendataan, Pengolahan dan Pendayagunaan Profil Desa dan kelurahan.  
  • Pengembangan system informasi pembangunan di desa dan kelurahan melalui pengembangan system pendataan Data Dasar Profil Desa dan Profil Kelurahan.
  • Fasilitasi peningkatan kemampuan Pemerintahan Desa/Kelurahan dalam penataan system pendataan profil desa dan profil kelurahan.
  • Fasilitasi Pendayagunaan Data Dasar Profil Desa dan Profil Kelurahan sebagai sumber data utama dalam perencanaan pembangunan desa dan kelurahan serta perencanaan pembangunan daerah.
  • Fasilitasi Profil Desa/Kelurahan dalam rangka perlombaan Desa dan perlombaan Kelurahan.

D. Kesimpulan dan Saran
1.Kesimpulan
·         Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Desa/kelurahan.
·         Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Membangun Desa.
·         Penyempurnaan dan Pengembangan Data Statistik.
2. Saran
Dengan diadakan penyuluhan ini siharapkan para perangkat desa dapat menyusun program kerja mereka.
Daftar Pustaka

Hhtp//google/struktur pemerintahan desa
http://google/musyawarah rencana pembangunan desa
buku panduan KKN UNIB 2012




























TEKNOLOGI YANG DITERAPKAN


           Teknologi yang diterapakan dalam pelaksanaan program KUKERTA periode 67tahun 2012 di DesaMarga Jaya Kecamatan Padang JayaKota Bengkulu adalah:
Ø  Teknik Observasi
Teknik ini dilakukan dengan melakukan pengamatan secara langsung, ini dilakukan untuk memperoleh berbagai data yang ada di DesaMarga Jaya.
Ø  Teknik Tatap Muka baik Formal maupun non Formal
Secara formal, mahasiswa dapat menyampaikan materi dengan bertatap muka secara langsung dalam pertemuan-pertemuan formal. Untuk non formal, bisa dilakukan dengan cara usaha pendekatan dan sosialisasi dengan warga DesaMarga Jaya seperti perkenalan dan ramah tamah.
Ø  Teknik pendekatan persuasif
Teknik ini dilakukan dengan cara mendekatkan diri dengan warga DesaMarga Jaya dan menggerakkan masyarakat untuk mengikuti kegiatan yang akan dilaksanakan baik dalam program kerja KUKERTA Universitas Bengkulu maupun program kerja daerah setempat.
Ø  Teknik Wawancara
Dilakukan dengan mewawancarai pihak-pihak terkait yang dirasa perlu dilakukan di DesaMarga Jaya dengan tujuan untuk mendapatkan informasi tentang keadaan DesaMarga Jaya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar